Skip navigation

Kalimat hamdalah, yang sering didengarkan sebagai “Alhamdulillaah” (ٱلحمد لله) adalah kalimat yang menyatakan puji-pujian kepada Allaah dan digunakan oleh muslim untuk menyatakan syukur dan terima kasih kepada Allaah atas nikmat yang diterimanya.

Kalimat ini paling tampak dalam surat Al-Faatihah (الفاتحة) karena muncul dalam ayat pertama, dan juga karena surat Al-Faatihah adalah surat wajib yang harus dibaca dalam setiap sholat (untuk sholat fardlu saja dibaca 17 kali setiap hari, bagaimana kalau ditambah shalat tarawih plus witir seperti yang biasa dilakukan di bulan Ramadlan sekarang ini).

Dan di surat Al-Faatihah itu pula terdapat versi lengkap dari bacaan hamdalah. Menurut saya surat Al-Faatihah tampak terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama adalah bagian di mana ayat-ayatnya menyanjung dan memuji Allaah (dan bagian inilah bacaan hamdalah yang lengkap itu). Sedang bagian kedua dari surat ini menyatakan permohonan, doa kepada Allaah.

Surat Al-Faatihah mengajarkan dua hal. Pertama, seni memohon selalu dimulai dengan memberikan pujian setulus hati terlebih dulu sebelum memasuki bagian permohonan. Kedua, Al-Faatihah menegaskan bahwa ajaran islam sungguh nikmat yang besar hingga pembuka Qur’an (atau kalau di buku, bab pendahuluan) dimulai dengan kalimat hamdalah, yang biasanya diucapkan untuk mensyukuri nikmat.

Berikut ini kutipan surat Al-Faatihah yang merupakan versi lengkap dari kalimat hamdalah.

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَـٰلَمِين ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيم مَـٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّين إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Yang menguasai hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan;

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: