Skip navigation

Kenapa Saya bisa bangun pagi dengan malas dan tidak melakukan apa-apa seharian? Itulah yang muncul di benak Saya tadi pagi, masih di atas kasur. Terbangun di pagi hari dan langsung terpaku pada suatu pikiran adalah kebiasaan Saya.

Anyway, jawabannya adalah karena Saya tidak merencanakan hari itu. Yaitu tidak menyiapkan milestone, apa saja yang harus diselesaikan pada hari itu, seperti daftar belanjaan atau begitulah.

Dulu Saya tidak pernah merasa luntang-lantung seperti ini. Itu karena sebelumnya hidup Saya selalu diatur oleh pihak lain, bukan Saya sendiri. Semasa SD, SMP, SMU, dan awal kuliah, jadwal Saya “diatur” oleh tugas-tugas sekolah. Dengan waktu sekolah yang padat, sisa waktu yang harus Saya atur tidak banyak dan akhirnya hanya Saya pakai untuk bersenang-senang.

Sekarang, waktu luang Saya melimpah sedang selama ini Saya hanya belajar mengatur waktu untuk bermalas-malasan. Ah..

Merencanakan hari sebaiknya dilakukan di awal-awal hari, mungkin pada saat bangun tidur. Jika merasa sulit konsentrasi berpikir sesaat setelah bangun tidur, rencana mungkin bisa disusun sebelum tidur malam harinya.

Sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

